Monday, September 19, 2011 - , 0 comments

Rule Based System


Rule based System adalah jalan untuk menyimpan atau memanipulasi pengetahuan untuk menintrepentasikan informasi yang berguna. Biasanya sistem ini diimplementasikan dengan aplikasi Artificial Intelligence. Rule based mengandung aturan If-Then dalam pengimplementasinya.

Jikalau ingin membuat Rule Based System untuk masalah tertentu, maka anda harus memiliki:
  1. Sekumpulan fakta untuk mewakili pekerjaan yang nantinya akan dilakukan.
  2. Sekumpulan fakta.
  3. Sebuah kondisi yang menentukan bahwa solusi telah ditemukan atau tidak ada satupun yang exist.
Keuntungan Rule Based System:
  1. Modularity
  2. Uniformity
  3. Naturalness
Kerugian Rule Based System:
  1. Infinite Chaining
  2. Possibility of Contraditions
  3. Inefficiency
  4. Opacity
  5. Complex Domains
Contoh:
Morgan Stanley and Rockwell International adalah sedikit dari perusahaan investasi yang menggunakan Rule-Based System. Efek dari base-rule ini system dapat dengan mudah mengevaluasi tingkat pengembalian dan paparan resiko.
Menulis portofolio secara manual dapat memakan waktu, namun sistem pakar dapat melakukannya dengan sangat cepat dan menghasilkan hasil yang konsisten. Morgan Stanley mengumumkan kenaikan sebesar $ 1 juta laba setelah instalasi nya sistem (Holsapple 17).
Produsen Hanover Trust Co memiliki teknologi sendiri dan kelompok strategis penelitian yang disebut STAR. Perusahaan telah mengimplementasikan six knowledge-based systems.

Perusahaan ini menyebutkan bahwa enam dari setiap delapan kesepakatan yang dihasilkan oleh sistem ini berhasil.
Perusahaan asuransi juga menggunakan sistem pakar. Sebuah studi menunjukkan bahwa 12 dari 28 perusahaan asuransi terbesar di AS telah mengembangkan sistem pakar. New York University telah merancang Actuary Consultant System (ACS) untuk membantu aktuaris dengan mengevaluasi risiko pada kebijakan asuransi jiwa dan cacat.
Jasa perencanaan keuangan biasanya sangat mahal. Sistem pakar mengurangi biaya layanan ini membuat proses perencanaan lebih cepat, mudah, dan lebih konsisten. Pengusaha sekarang dapat menawarkan layanan ini sebagai manfaat kepada karyawan mereka jauh lebih mudah daripada sebelumnya. 


Reference: http://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:A23xcV3RGxYJ:www.ajrhem.com/EXPERT.pdf+rule+based+system+advantage&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESgO4uOHQ-Ma7sh2kHwJiX4W4kFABx1TZzs184Finr4twEU1m_ISE6uW1_RxkZXefp-m16tL8JZFni6foFAJG4kC__I0eVWk18Ll0Oy4P-eBMfbpw1w6j08dBkC4d2VjxFoNNhoz&sig=AHIEtbQVT1C9uJIBxS0yhXg-wWECzQhuLg

0 comments:

Post a Comment